Gandeng Jawa Pos, Panitia KKN UNISNU Adakan Pelatihan Penulisan Berita bagi Mahasiswa KKN

Gandeng Jawa Pos, Panitia KKN UNISNU Adakan Pelatihan Penulisan Berita bagi Mahasiswa KKN


Selasa, (02/08/2022) dilaksanakan kegiatan pelatihan penulisan berita dalam rangka membekali peserta KKN Unisnu Jepara Angkatan XIII dalam publikasi media massa. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan peserta dari 36 desa, dilaksanakan secara online via zoom meeting. 

Pelatihan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya yaitu seorang redaktur dan kepala biro Jepara Jawa Pos Radar Kudus, Muhammad Khoirul Anwar, S.Sos. yang juga merupakan alumni Unisnu Jepara. 

“Unisnu Jepara telah bekerjasama dengan koran Jawa Pos dalam mempublikasikan berita terkait kegiatan KKN pada Angkatan XIII ini, baik secara online maupun offline. Maka harapan kami akan dapat memaksimalkan pemberitaannya terhadap kegiatan pengabdian Bersama mitra di desa masing-masing.”, pengarahan dari Wakil Ketua Pelaksana KKN, R. Hadapiningradja Kusumodestoni, M.Kom. 

Pelatihan ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dokumentasi dan publikasi yang baik, serta memberikan inspirasi pada masyarakat. Dalam kegiatan ini narasumber menyampaikan bahwa publikasi yang dilakukan harus menitikberatkan pada program pengabdian masyarakat bersama mitra. Segi konten perlu diperhatikan. Selain itu, redaktur dan kepala biro Jepara si Jawa Pos Radar Kudus menjelaskan bahwa fokus berita yang akan dibuat adalah stright news (berita actual yang to the point). Berita dapat didapat dari pengumpulan data dengan minimal komponen yang harus ada 5W + 1H dengan singkat, dan jangan lupa untuk mencantumkan foto yang atraktif.

Kolaborasi Jawa Pos Radar Kudus dan Unisnu Jepara ini diharapkan mampu mengawal luaran publikasi yang dihasilkan peserta KKN agar memberi dampak yang luas, meningkatkan eksistensi Unisnu Jepara dalam upaya pemberdayakan masyarakat Jepara dan sekitarnya. 


Admin LPPM

Komentar